Cari di Sini

Minggu, 12 April 2015

Tanam Bunga Matahari dan Bersedekah pada Lebah


Tidaklah seorang muslim bercocok tanam dengan tanaman apapun kecuali setiap tanamannya yang dimakannya bernilai sedekah baginya. Apa saja yang dicuri orang darinya (tanamannya) menjadi sedekah baginya. Apa yang dimakan binatang liar (dari tanamannya) menjadi sedekah baginya. Apa yang dimakan burung darinya menjadi sedekah baginya. Dan tidaklah seseorang mengambil darinya melainkan itu juga akan menjadi sedekah baginya.” (HR. Muslim no. 1552)


Hadis tersebut menunjukkan nilai ibadah jika kita menanam tanaman dan ada binatang yang memakan atau memanfaatkan tanaman tersebut. Nah, salah satu tanaman yang paling banyak manfaatnya bagi binatang lain adalah tanaman bunga matahari. 

Inilah beberapa manfaat bunga matahari bagi binatang, tanaman, dan manusia:

1. Nektar bunga matahari sangat banyak sehingga banyak lebah, kumbang, dan kupu-kupu yang senang hinggap di bunga matahari untuk menghisap nektar tersebut. Dari nektar itu pula, lebah bisa menghasilkan madu yang sangat nikmat dan bergizi. Di luar negeri, biasanya para peternak lebah menempatkan lebahnya di dekat lahan penanaman bunga matahari karena sangat bagus untuk menghasilkan madu berkualitas tinggi. 

2. Bunga matahari menarik burung-burung kecil, terutama saat bunga matahari sudah tua dan siap dipanen bijinya. Burung-burung itu memakan biji yang ada di bunga matahari. 

3. Bunga matahari menarik banyak serangga dan hama yang biasanya hinggap di tanaman lain. Dengan demikian, kita menyelamatkan tanaman lain dari hama-hama yang bisa merusak. Adapun bunga matahari sendiri relatif tahan terhadap berbagai gangguan hama yang datang padanya. Itu artinya, bunga matahari menjauhkan hama dari tanaman lain dan dia sendiri tahan terhadap hama-hama tersebut. 

4. Bunga matahari memperbaiki struktur dan komposisi tanah sehingga menjadi lebih subur dan gembur. Lahan yang semula kurang bagus, dengan ditanami bunga matahari maka akan membantu memperbaiki struktur dan komposisi tanah tersebut sehingga lebih baik untuk penanaman selanjutnya. 

5. Akar bunga matahari mampu masuk jauh ke dalam tanam untuk mencari air sehingga dapat mengikat tanah agar tidak mudah longsor atau mengalami erosi. 

6. Bunga matahari bisa menghasilkan biji yang dapat digunakan untuk ditanam kembali, atau dijadikan pakan manusia, ternak, minyak biji bunga matahari, dan kegunaan lainnya. 

Dari banyaknya manfaat menanam bunga matahari tersebut, penanam bunga matahari akan mendapat pahala sedekah dari setiap lebah, kumbang, burung, dan binatang lain yang mengambil manfaat dari bunga matahari. Tertarik menanam bunga matahari?

Untuk mendapatkan benih bunga matahari, silahkan hubungi WhatsApp: 081288851177. Harga hanya Rp20.000 untuk 250 gram.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar