Cari di Sini

Kamis, 24 Oktober 2013

Suhu Dingin Optimalkan Pertumbuhan Rumput Gandum

Suhu ideal agar rumput gandum dapat tumbuh maksimal ialah antara 15 dan 20 derajat Celsius. Hal ini karena memang habitat asli gandum berada di daerah empat musim, yang di sana ada musim dingin, musim semi, musim gugur, dan musim panas.
Suhu ideal untuk menanam gandum itu termasuk dingin untuk rata-rata suhu di Indonesia yang biasanya 26-30 derajat Celsius. Karena faktor suhu yang panas di Indonesia, seringkali para penanam benih gandum mengalami masalah benih yang busuk atau berjamur. Hal ini wajar karena suhu panas mempercepat pembusukan benih gandum.

Lantas bagaimana solusinya agar bisa menanam rumput gandum dengan baik di Indonesia? Tentu saja salah satu yang harus diperhatikan ialah suhu udara ruangan atau tanah tempat menanam rumput gandum. 

Benih gandum akan tumbuh maksimal jika ditanam di daerah sejuk yang banyak di perbukitan atau pegunungan di Indonesia. Biasanya daerah pegunungan itu tersebar di Indonesia, yang memang kaya dengan gunung. Beberapa wilayah seperti Bandung atau Bogor yang berhawa sejuk juga cocok untuk menanam benih gandum. Benih gandum akan baik pertumbuhannya saat ditanam di daerah pegunungan yang dingin dan berhawa sejuk karena memang habitatnya di iklim dingin.

Lalu bagaimana jika Anda ingin menanam rumput gandum di perkotaan atau wilayah pantai yang panas? Tentu saja Anda harus siap dengan risiko bahwa benih gandum Anda akan cepat busuk atau berjamur. Namun tetap saja ada cara meminimalisir agar benih yang kita tanam tidak busuk atau berjamur.

Beberapa cara yang bisa anda lakukan ialah:
1. Tanam benih gandum di dalam ruangan yang sejuk, terutama memiliki pengatur suhu ruangan atau AC. Pasang suhu AC sekitar 15-20 derajat Celsius sehingga benih mendapat suhu dingin seperti kondisi di alamnya.    
2. Benih gandum dapat diletakkan di dalam kamar mandi sehingga mendapat suasana lembab dan dingin.
3. Jika Anda memiliki semacam rumah kaca yang memiliki pengatur suhu, atur suhu pada kondisi 15-20 derajat Celsius.
4. Jaga agar media tanam selalu lembab, tapi tidak tergenang air. Air yang tergenang dapat mempermudah benih menjadi busuk atau berjamur.
5. Jangan merendam benih dengan air karena jika Anda melakukan hal itu di daerah panas, akan mempercepat pembusukan benih.

Itulah beberapa cara untuk menanam benih gandum di daerah perkotaan atau daerah pantai yang panas. Namun tentu saja, risiko benih membusuk atau berjamur tetap ada karena suhu panas yang tidak terjaga pada media tanam. Semoga artikel ini dapat menjawab sejumlah permasalahan mengapa benih yang ditanam cepat membusuk atau berjamur, saat ditanam di daerah panas.

Lakukanlah beberapa percobaan untuk mencari cara paling ideal menanam benih gandum sesuai kondisi suhu daerah Anda. Jadikan aktivitas menanam rumput gandum ini sebagai sesuatu yang fun dan menyenangkan, sehingga jika percobaan pertama gagal, teruslah mencoba. Kami yakin Anda bisa!

Untuk mendapatkannya, silahkan hubungi WhatsApp: 081288851177.

KLIK ARTIKEL TERBARU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar