Tepung Kayu Manis

Kayu manis merupakan rempah menakjubkan untuk kue, cake, dan makanan lainnya. Meski demikian, kayu manis juga memiliki banyak manfaat untuk berkebun.

Bumbu yang harum ini dapat digunakan untuk membantu saat pemangkasan, mencegah jamur membunuh benih yang baru disemai dan menjauhkan hama dari rumah Anda.

Saat Anda belajar cara menggunakan tepung kayu manis untuk kesehatan tanaman, Anda akan berpikir dua kali untuk menggunakan bahan kimia lain yang berbahaya untuk kebun atau tanaman Anda.

Manfaat kayu manis pada tanaman sangat banyak dan Anda mungkin akan menggunakannya setiap hari setelah mengetahui manfaatnya.

Berikut ini beberapa penggunaan kayu manis untuk kebun tanaman kita:

1. Mengatasi Hama

Jika Anda memiliki masalah dengan semut di rumah Anda atau di rumah kaca atau kebun Anda, kayu manis merupakan cara untuk mengatasinya. Semut tidak suka berjalan melintasi serbuk kayu manis. Dengan adanya kayu manis, masalah semut di rumah akan berkurang.

Gunakan kayu manis untuk mengusir hama dan serangga di dalam dan luar rumah Anda. Cari jalan masuk semut dan serangga dan taburkan serbuk kayu manis di jalur semut tersebut.

Yang hebat lagi, kayu manis tidak akan membunuh semut di rumah Anda tapi hanya mencegah semut ini masuk ke dalam rumah atau terutama dapur. Nah, Anda yang tidak suka membunuh binatang tentu lebih memilih serbuk kayu manis untuk mengusirnya kan? Anda juga tak merasa bersalah dalam menangani masalah semut tersebut.

Berbeda jika Anda menggunakan kapur semut yang dapat membunuh semut-semut itu seketika. Mungkin masalah semut teratasi dengan kapur semut, tapi bisa jadi Anda merasa bersalah membunuh hewan kecil tersebut.

Jadi ingat ya, gunakan serbuk kayu manis untuk mengusir semut. Mengusir saja ya, tidak membunuhnya.

Jika Anda memiliki masalah dengan semut di kotak pasir mainan anak-anak Anda, campurkan serbuk kayu manis dengan pasir mainan tersebut, campur hingga rata. Semut tidak akan mau berkerumun di pasir mainan tersebut.

2. Kayu Manis Dorong Pertumbuhan Akar

Kayu manis mendorong pertumbuhan akar, sama seperti serbuk hormon penumbuh akar. Penerapan sekali pada bagian pangkal akar akan membantu meningkatkan pertumbuhan akar pada semua jenis tanaman. Jika Anda baru saja memotong bagian akar tanaman, taburkan tepung kayu manis pada bagian potongan tersebut.

Jika batang stek tanaman, beri serbuk kayu manis pada stek tanaman tersebut.

Caranya: ambil satu sendok tepung kayu manis dan taburkan di atas kertas. Tempelkan bekas potongan stek atau bakar akar ke tepung kayu manis tersebut. Tanam batang stek itu ke tanah.

Kayu manis akan mendorong stek menghasilkan lebih banyak akar. Selain itu juga mencegah jamur penyakit di bekas potongan tersebut.

3. Kayu Manis Mencegah Jamur

Jamur dapat menjadi penyebab penyakit pada benih yang baru disemai dan mau tumbuh. Kayu manis aka nmencegah masalah ini dengan mematikan jamur.

Kayu manis juga bermanfaat untuk masalah jamur pada tanaman tua. Kayu manis juga mencegah jamur tumbuh di media tanam.

Manfaatkan tepung kayu manis untuk mengontrol jamur dengan menyemprotkan kayu manis ke tanaman tersebut. Masukkan tepung kayu manis ke dalam air hangat dan biarkan semalam. Saring air kayu manis dengan penyaring kopi. Letakkan air ke sprayer.

Semprotkan air kayu manis itu ke tanaman, daun, benih, dan lainnya yang terkena jamur. Semprot juga tanah di sekitar tanaman yang mengalami masalah jamur.

4. Membantu Pertumbuhan Benih

Jamur dan penyakit lain dapat mengakibatkan benih yang baru tumbuh kemudian mati mendadak. Taburkan tepung kayu manis di tanah, atau campurkan ke media tanam untuk mencegah penyebaran penyakit pada benih yang baru ditanam.

5. Mengobati Luka pada Tanaman

Kayu manis sangat bagus untuk tanaman yang sedang terluka. Bukan terluka hatinya ya… tapi tanaman terluka akibat terpotong, dipangkas daun atau rantingnya. Semprotkan air kayu manis ke bagian tanaman yang terluka. Maka tanaman akan cepat pulih dari luka dan sehat kembali. Horee…

6. Mengatasi Berbagai Penyakit Tanaman

Ada beberapa macam penyakit pada tanaman yang dapat membunuh benih, bibit, atau tanaman muda. Jadi, semprot atau taburkan tepung kayu manis ke media tanam atau ke tanaman langsung untuk menjaga tanaman terhindar dari beragam penyakit.

Nah, Anda sudah tahu kan berbagai manfaat serbuk kayu manis. Setelah Anda tahu manfaatnya, masih mau pakai bahan kimia berbahaya untuk tanaman yang Anda konsumsi sendiri?

Bagi sobat yang ingin mendapatkan tepung kayu manis, bisa mendapatkannya dengan menghubungi/WhatsApp: 081288851177. Harga hanya Rp20.000 per botol.