Wheat Germ (Mata Gandum)

Wheat germ (mata gandum) merupakan bagian paling kaya vitamin dan mineral pada biji gandum. Faktanya, germ merupakan embiro tanaman gandum.

Embrio ini akan muncul sebagai ujung kecambah pada tanaman muda. Inilah alasan mengapa wheat germ memiliki nutrisi sangat banyak.

Sayangnya, wheat germ terbuang saat proses penggilingan biji gandum menjadi tepung terigu. Dalam proses manufaktur, wheat germ dibuang karena bisa mengakibatkan tepung cepat tengik, sehingga membuang wheat germ akan membuat tepung tahan lebih lama.

Germ hanya sekitar 3% dari total biji gandum dan Anda hanya mendapatkan satu kilo mata gandum dari sekitar 50 kilo biji gandum.

Nah, berikut ini akan saya jelaskan secara rinci manfaat nutrisi yang terkandung dalam wheat germ:

1. Berbagai vitamin B.

Wheat germ terdiri dari beragam vitamin B, seperti folate, vitamin B1 (thiamin) dan vitamin B6. Vitamin B sangat penting bagi jantung, menghasilkan hormon yang bagus untuk otak Anda, serta penting bagi kesehatan kardiovaskular.

2. Serat.

Wheat germ mengandung banyak serat yang diperlukan untuk menyeimbangkan gula darah, mengontrol kolesterol, kesehatan usus dan detoksifikasi.

3. Phytosterols.

Wheat germ mengandung phytosterols, yakni senyawa steroid serupa cholesterol. Phytosterols dapat mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kesehatan jantung.

Studi di Prancis dari 1992 menunjukkan bahwa memakan 30 gram atau seperempat gelas wheat germ per hari selama 14 pekan dapat mengurangi total kolesterol hingga 7,2%. Selain itu juga mengurangi LDL atau kolesterol jahat hingga 15,4%, triglycerides, lemak dan gula darah hingga 11,3%.

Studi lain dari 2003 American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa jika anda memindahkan phytosterols dari wheat germ, Anda tidak akan memperoleh dampak yang sama untuk menurunkan kolesterol.

Ini menunjukkan pada kita bahwa phytosterols merupakan senyawa yang diperlukan untuk mengurangi kolesterol. Dalam studi ini, wheat germ dengan phytosterols asli dapat mengurangi penyerapan kolesterol dari usus hingga 42,8%.

Studi lain menunjukkan, mengurangi kolesterol jahat hanya 7% dapat mengurangi 15% risiko penyakit jantung. Karena wheat germ merupakan salah satu sumber terbesar phytosterols, mata gandum mungkin menjadi makanan super untuk mengurangi kolesterol jahat LDL.

4. Asam Lemak Sehat.

Wheat germ merupakan sumber asam lemak omega-3. Omega-3 dapat membantu mengurangi kolesterol, mengurangi peradangan, dan membantu kesehatan sistem syaraf, yang dapat mengurangi level kecemasan dan memperbaiki mood.

5. Mineral.

Wheat germ mengandung berbagai mineral, termasuk zat besi, zinc, magnesium, kalsium, selenium, dan manganese. Tubuh kita memerlukan mineral untuk memperbaiki diri dan menjalankan reaksi kimia yang menjaga tubuh kita tetap sehat.

6. Vitamin E.

Wheat germ mengandung banyak vitamin E. Vitamin ini menjadi antioksidan yang hebat yang melindungi minyak wheat germ menjadi tengik dengan cepat. Vitamin E merupakan antioksidan yang dapat melindungi membran sel, sel otak, dan molekul kolesterol dari radikal bebas yang merusak.

Radikal bebas mengakibatkan pembentukan plak dalam saluran darah yang disebut atherosclerosis. Vitamin E dapat membantu menghentikan proses tersebut. Vitamin E juga penting untuk detoksifikasi hati, fungsi imun, dan kontrol gula darah bagi kesehatan dan penderita diabetes.

Studi 2008 menunjukkan, beberapa tikus yang diberikan wheat germ memiliki tingkat perlindungan vitamin E yang lebih tinggi dalam darah dan liver, sehingga menjadi proteksi antioksidan. Sejumlah riset menyebutkan, makanan yang kaya vitamin E seperti wheat germ sangat sehat untuk dikonsumsi sehari-hari.

Setelah Anda tahu beragam manfaatnya, Anda tentu ingin mencobanya. Hanya dengan Rp25.000 Anda bisa mendapatkan wheat germ. Silahkan hubungi HP: 081288851177.